Sabtu, 05 November 2016

Apa itu Agroindustri ?





Assalamu'alaikum..

Agroindustri apa itu?
saya sebagai seorang mahasiswa Teknologi Industri Pertanian a.k.a Agroindustrialist! acap kali ditanya tentang definisi atau pengertian dari istilah tersebut, yang kebanyakan datang dari dosen sendiri, dan jawabannya pasti selalu sama seperti yang didapatkan pada mata kuliah Pengantar Agroindustri semester dua. Tanpa pernah mencari tahu dan menelusur lebih jauh lagi tentang definisi tersebut, hanya menerima yang selalu diberikan. Apalah mahasiswi seperti saya ini. Mohon untuk tidak ditiru!

Namun, baru pada tingkat akhir ini saya baru benar-benar mengetahui dan mempelajari lebih jauh tentang apa itu agroindustri. Singkatnya, saat itu dosen bertanya kepada kami (lagi!) untuk kesekian kalinya dan di tingkat akhir ini, bertanya "Apa sih agroindustri itu?" tentunya saya dan teman-teman saya menjawab dengan lantang dan tegas jawaban yang sudah sering kami jawab. Namun, dosen tersebut kembali bertanya "Apakah teh botol termasuk agroindustri?" tentunya kami menjawab IYA. Lalu dosen bertanya kembali "Komponen utama dari teh botol memangnya apa? Air bukan" saat itu nampaknya kelas menjadi diam, saya sendiri sedang berpikir teh botol memang lebih banyak terdiri dari air, saya menjadi ragu apa benar pabrik teh botol termasuk agroindustri atau bukan, komponennya memang air dan apakah itu agroindustri? topik skripsi saya juga tentang air bersih. apa itu agroindustri? entahlah. hemmm.. 

Kemudian dosen tersebut akhirnya memberikan penjelasan bahwa bukan seberapa banyak komponen dalam produk tetapi apa yang menjadi faktor penentu dalam produk. Perbandingan lain lagi seperti mobil, banyak dari komponen mobil seperti ban dari karet, jok dari kulit yang memang berasal dari produk agroindustri lalu kenapa tidak dapat digolongkan dalam agroindustri? yah karena faktor penentunya adalah mesin.

Saya mulai tertegun, ternyata definisi agroindustri yang saya punya ini masih lah sangat dangkal. Untuk itu, saya recommended artikel dari dosen saya tersebut untuk dibaca oleh kamu..kamu.. yang ingin tahu agroindustri dan tentunya jika kamu seorang Agroindustrialist sejati!
   
This is the link :
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53417

Jumat, 04 November 2016

Too much


too much..
too much..


too much to told..
too much to imagined..
too much to listened..

 so I wanna just share some pic of my adventure on through the great life lately. Happy enjoyed! wanna ask? just comment.

Praktik Lapang di PT Kobe Boga Utama
Recommended! yuk bagi kalian yang sedang mencari tempat magang, praktik lapang atau bahkan lowongan pekerjaan. bisa coba apply disini *sesuai persyaratan dan ketentuan yang berlaku.
Pokoknya selama PL disini gue ngerasain banyak ilmu, pengalaman, tantangan, kawan, lawan, jodoh *eh.
 




Kegiatan Yayasan Karya Salemba Empat :
Ambassador Leadership BPJS Ketenagakerjaan Camp 1 Batch 3
Sepertinya akan menjadi kegiatan ter-unforgettable buat gue tahun ini. Bertemu teman lebih dari 248 orang dari 30 PTN se-Indonesia. Intinya, kalau kamu menjadi salah satu beaswan dari donatur BPJS Ketenagakerjaan, harus bersyukur dan jangan sampai nolak buat ikut kegiatan camp ini.





Kompetisi dan Plan Visit di Kino Youth Innovator Award 2016
Recommended! acara keren lagi nih. Pokoknya kalo tahun depan PT Kino Indonesia ngadain kompetisi ini lagi (Amiiin). Kalian mesti ikutaaan!!


  


Sahabat Beasiswa Chapter Bogor : Kopi Darat
Bagi yang ingin tahu, tanya-tanya, dan ketemu langsung dengan beaswan dari berbagai scholarship dengan tujuan studi ke berbagai negara bisa ikutan kegiatan Kopi Darat ini yang setidaknya sebulan sekali diadakan, biasanya bertempat di English Corner Cafe deket Lodaya, Bogor. Info lebih lanjut disebarkan via WhatsApp..


Projek Ecotourism : AQLA TOUR & TRAVEL AGENCY
Yuuk! bagi yang sedang berminat jalan-jalan, liburan, atau outbound sendirian atau beramai-ramai tapi gatau kemana atau gimana. bisa dilihat dulu aja di website http://aqlatravel.com/ untuk paket dan kontak wisatanya. Salam pariwisata :))



The Favor Girls



Hallo..Assalamu'alaikum :)
Hemm sudah tanggal 5 November saja yang berarti baru dua hari lalu, usia gue menginjak umur 21tahun. sudah tua yaa gengs, semoga makin berkah, Amiiin ya Rabb

yasudah gausah perpanjang lebar lagi di blog yang sudah lama gak gua tulis ini, hihi. Intinya diumur yang gua makin dewasa ini, tahun terakhir perkuliahan, dan tahun terakhir per kosan (Amiiiin..) Gua ditemani oleh dua cewe strong yakni, Pink : Elva Nurshobah dan Ungu : Rosmalina Ratnaningsih (Re: Tante).

Mungkin gak perlu banyak aksi dan perbuatan yang perlu diungkapkan dari pertemanan kita yang penting saling mendoakan yah gals. Maaf juga kalo gue banyak salah, baperan, gak peka, ngomel gak jelas, dan buruk-buruknya dari guee deh -__-v

 Semoga kita selalu berada dalam naungan Ridho-Nya ya! You're AMAZING gals!

Sabtu, 06 Februari 2016

The Forgotten Rain



Teruntuk hujan,


            Akhir – akhir ini aku merasa kesal bahkan marah kepadamu hujan yang turun di “kota hujan”. Saya kesal ketika hujan:
membuat pakaian keringku menjadi basah di jemuran
membuat noda kotor di tas punggungku ketika aku melangkah
membuat basah pakaian dan sepatu yang baru aku ganti
membuat kaus kakiku bau
dan membuat-buat hal menyebalkan lain
 karenamu, HUJAN!!

Tetapi..
Sore ini aku melihat dua orang anak kecil sedang berjalan dibawah hujan. Mereka membuat sebuah loncatan besar di atas genangan air dan saling mencipratkan satu sama lain, tanpa sedikitpun perasaan kesal.

Kemudian aku menjadi teringat akan suatu hal,
Suatu hal yang menjadi alasanku memilih “kota hujan” untuk melanjutkan kehidupanku…

Aku bosen dengan kondisi cuaca panas di kotaku terdahulu! Ya, aku bosan dengan jalan yang penuh dengan debu, nyamuk yang bertebaran di sekitarku di malam hari, dan sinar matahari menyengat yang membuat kulitku menjadi gelap.

Betapa kasihannya diriku ini!
Menginginkan sesuatu tetapi menghindari resiko yang ada..

Maafakan aku yang merindumu tetapi membenci ketika mendapatmu.
Maafkan aku yang belum bisa menerima kekuranganmu
Maafkan aku atas semua keluh kesahku terhadapmu
Maafkan aku, wahai hujan yang sempat terlupakan



Salam kenal dari teman lamamu,


Penyuka hujan            

Kamis, 28 Januari 2016

FIELDTRIP [PART 1]

Assalamu'alaikum..

Hemm, sudah lama rasanya tidak menyentuh blog ini, dan gak nyangka sudah liburan semester lagi sajaaa...
Yap semester ENAM !! 

bentar lagi ketemu dosen pembimbing..
bentar lagi praktik lapang...
bentar lagi garap skripsi....
bentar lagi wisuda.....
bentar lagi nikah...... *eh (abaikanini!)

Langsung aja kali yaaa..

Beberapa hari yang lalu, tepatnya 18 - 28 Januari 2015 gua bersama kawan seangkatan melaksanakan fieldtrip. Kegiatan ini memang gak wajib tapi sudah menjadi program kerja rutin angkatan dimasa liburn semester peralihan dari lima ke enam. Kegiatan fieldtrip ini dilakukan di daerah sepanjang Jawa-Bali dengan mengangkat tema TEAM "Together Everyone Achieve More"


Sebelumnya, gua mau mengucapkan terima kasih terlebih dahulu kepada :
- Panitia Fieldtrip TINcredibles
- Teman-teman TINcredibles
- Departemen TIN IPB
- Tour and Travel NAVIGATOUR
- dan berbagai pihak lain yang terkait

...dan satu hal lagi, mungkin gua gak mungkin mempos foto-foto perjalanan fieldtrip ini dari dokumentasi pribadi, jadi gua minta izin kepada teman-teman semua untuk memakainya ofcourse disertai sumbernya.

DAY 1 [18 Januari 2015]
   Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu tiba, setelah melewati perjuangan dua minggu UAS dengan melalap tujuh minggu materi perkuliahan dalam satu malam yang mengakibatkan mata panda untuk kesekian kalinya -___- plisss jangan tiru cara ini! Total peserta fieldtrip sebanyak 95/109 orang dengan menggunakan dua bus dengan fasilitas selimut+bantal, coolbox, tempat ngecash hp, tiga televisi (<< ini pertanyaan temen gua sewaktu mau berangkat). Okee, kunjungan pertama yaitu ke Kampoeng Djamoe Organik Martha Tilaar di daerah Cikarang. Disini kita dibagi menjadi 30 orang tiap kloter dan diajak berjalan-jalan ke kebun tanaman jamu disertai penjelasan khasiatnya (Nb: free welcome drink). Selanjutnya, kami diperlihatkan tempat spa training centre yang membuka kelas untuk para wanita yang berminat memperdalam skill tersebut and ofcourse all free. How kind Mrs. Martha!. After all, kita dikumpulkan dalam aula untuk menerima penyambutan serta talkshow dari martha tilaar dan ketua komunitas jamu gendong. Oiya talkshow-nya ini beneran interaktif bangeet loooh! soalnya tiap penjelasan pembuatan berbagai jamunya kita dikasih tester buat nyobanya. Hemmm gimana gak kenyang + sehat tuh..
 
sumber ig @rismarsmln
sumber: ig @rzliaroza

DAY 2 [ 19 Januari 2015]
   Perjalanan hari kedua ditujukan kepada daerah JAWA TENGAH, yaa dua perusahaan tersebut adalah PT INDOFOOD di Tembalang (kloter pagi) dan PT DUA KELINCI di Pati (kloter siang). Pabrik PT Indofood yang kami kunjungi adalah divisi Mie Instan (*memorial: jaman sd gua pernah kunjungan ke pabrik sejenis tapi yang di daerah Kalideres). Disini kami diperlihatkan proses pembuatan mie instan, mulai dari pengadonan bahan, alkalisasi, perebusan, pencetakan, dan lain-lain (maaf engga nyatet .__.v). Setelah berkeliling, kami diajak pula melihat tempat pengolahan limbah dari pembuatan mie dan terakhir ke aula untuk penyambutan, penjelasan serta tanya jawab mengenai produk indofood khususnya mie instan. 
   Satu hal yang gua garis bawahi, produk mie ini tidak menggunakan pengawet sama sekali, tapi kenapa bisa tahan lama? karena produk ini menerapkan sistem pengeringan (dryer) sehingga kadar airnya dibuat serendah mungkin. Jadi boleh makan sesuka hati dong nih? yaa engga juga, ingat yang berlebihan itu tidak baik lagipula masih ada bumbu mie instan yang lumayan gurih.

Rekomen gua selama kunjungan disini, pertama mesti nyatet! kenapa? karena ada sesi tanya jawab, yang bisa jawab dapet bingkisan indomie, lumayan kan yaa. kedua jangan makan dulu, kenapa? karena disini disediakan mie sepuasnya, haha. ketiga jangan lupa jajan di warung sebelah mesjid. kenapa? jajanan berlabel indofood dijual dengan harga agak murah (ex: susu indomilk botol just 3k), ini seriusan loh yaaa..


sumber: ig @elva_nurshobah
sumber: ig @rismarsmln
datang 1 jam sebelum jadwal, foto ala-ala pake background bis indomie pun jadi






Next, setelah makan siang kita melanjutkan perjalanan ke pati tepatnya pabrik PT Dua Kelinci. Memasuki pabrik ini ada yang sangat berkesan yaitu disambut oleh maskot kebanggaan mereka, yaitu kelinci-kelinci berwarna-warni membawa kacang di sepanjang depan pabrik. Sebelum berkeliling pabrik, kami dikumpulkan dalam aula untuk kembali penyambutan dan mendapat hiburan dari dua kelinci utama yaitu kelinci berwarna Merah dan Putih. Di pabrik ini kami diperbolehkan secara langsung melihat proses produksi mulai dari penerimaan kacang hingga produk kemasan yang siap didistribusikan. Proses produksinya kurang lebih seperti ini: penerimaan barang - penimbangan - penyortiran - penimbangan kembali - pencucian - penyortiran grade - perebusan - pengeringan - pengemasan (kali ini gua nyatet, yes!). Beberapa hal yang gua bisa dapatkan selama berkunjung disini yaitu saat penyortiran grade, pekerja akan memisahkan kacang yang berlubang, rusak, berbiji satu dan tiga yang kemudian dengan conveyor akan melewati lubang ke penyortiran selanjutnya (awalnya gua gak tau kalo penyortiran tadi bakal tetep digunakan, jadi gua makan kacang-kacang sisa sortiran dan buang kulit kacangnya ke lubang tadi, hahapiss .__.v). Oiya disini juga ada pusat perbelanjaan produk PT dua kelinci ini loooh!! whose knows produk dua kelinci gak cuma kacang aja tapi ada biskuit DEKA, Krip-krip, dll

sumber: ig @rzliaroza
sumber: ig @rismarsmln

syuudah malaaam...
syuuudah mengantuk.. 

Next Part 2 yaaa! :)


Selasa, 30 Juni 2015

Not Feeling.

Assalamu’alaikum..

Mungkin cerita ini bermula dari obrolan kita di mobil sepanjang perjalanan pulang setelah menemui sponsor di daerah Tangerang Selatan. Saat itu kondisinya adalah sore hari dan lagi lelah-lelahnya tapi enggak untuk seorang cewek, yang gak akan capek kalo untuk urusan selfie, ngobrol atau gosip. Dua orang cewek di mobil yang kita tumpangi itu mengobrol mulai dari urusan kuliah, kelakuan keluarga, sampe artis-artis pun kebawa. Tapi ada salah satu obrolan itu yang gua dengerin kurang lebih seperti ini (bukan maksud nguping, tapi beneran kedengeran –v hehe) :

A : kenapa yah orang gila itu suka gak ngerasain sakit padahal kan liat aja tuh kakinya atau tangannya banyak yang luka? mungkin ada syaraf sakitnya orang gila putus
B : nah justru bagus, berarti dia gak usah ngerasain sakit hati tuh. Tapi seharusnya orang-orang jadiin contoh tuh, jangan bentar-bentar sakit ngeluh jadinya

Dari percakapan yang singkat tersebut, gua mengambil kesimpulan coba untuk tidak merasakan sesuatu (kurang penting) yang dapat menghalangi tujuan awal kita atau lebih mudahnya “Don’t make so many excuses
Sebenarnya sih inti dari tulisan ini gua cuma mau ngucapin so many thanks for youu guuuyss! yang ternyata peduli sama gua :” huhu terharuu.. dan share tentang not feeling tentunya :)

Jadi begini ceritanya..
sekitar beberapa minggu yang lalu gua dan teman-teman gua menjalani ritual akhir semester yaitu UAS. Nah disitu, tidak seperti temen-temen gua yang lain, gua dapat suatu berkah yaitu sakit pilek dan batuk. Alhasil, selama ngerjain soal-soal UAS tersebut, gua sering batuk-batuk dan izin ke kamar mandi *buatbuangingus. Disini gua mohon maaaf bangeeet buat temen-temen yang ngerasa terganggu -__-v

tapi sebenarnya sih gua biasa aja dikasih berkah tersebut, yah gua tetep belajar seperti biasa (lebih giat malah! karena inget nilai uts gua -- *&%#@) dan sebenarnya ada kisah dibalik berkah tersebut. Seperti ini:
H-3 sebelum UAS kita ada kuliah pengganti (diminggutenang!!) gua dan seorang temen gua lg ngomongin orang yang gak datang kuliah karena sakit. Dan abracadabra.. gua gak sengaja mengucapkan kata kuncinya yaitu “ah gua mah jarang sakit” dan langsung menambahkan “yaah, abis gua ucapin tuh kata kunci pasti langsung di kasih nih” dan teman gua cuma bilang  “haha kebiasaan deh lu, sombong sih
And its gonna be happen soon, tapi gua bersyukur ternyata Allah swt. masih sayang sama hamba-Nya yang satu ini (walaupun doa jelek yang terkabul, hehe) its fine, It can be lesson for me to keep my mouth and also keep my health :)

Oiya balik lagi ke cerita awal tadi, yah selama hampir 2 Minggu menjalani UAS, gua selalu ditemenin berkah tersebut. Yah berkah, layaknya berkah sebenarnya. Dari berkah tersebut, ternyata gua bisa tahu bahwa ternyata ada beberapa teman yang cukup care sama gua, hihi J
Yah beberapa kata yang nunjukin kecare-an mereka “lu lagi sakit yah? Kok biasa aja sih. coba kalo gua udah pasti guling-gulingan gatau gimana gitu” then “tuh liat aja, suaranya udah sampe bindeng gitu” then “rizka kamu lagi sakit yah?” and then “iya lagi sakit yah?”
Duuh, jadi tiba-tiba terharu gitu kalo inget-inget waktu mereka ngucapin itu (haha, maaflebay--v)

Yeah, actually I dont give them a smile or even thanks for caring me. Cause I just dont take a mind (not feeling) about my illness at all last day. But now on, when I remembered, I felt so fault. So in here, I wanna say thank youuu!^^ and also hopefully, you are always in good healthy guyys J


Omong – omong masih bulan Ramadhan, coba deh terapin not feeling di bulan puasa ini. InsyaAllah, puasanya lancar dan tetap produktif tentunya. HAPPY FASTING FELLAS !! J