Jumat, 29 Januari 2016

FIELDTRIP [PART 1]

Assalamu'alaikum..

Hemm, sudah lama rasanya tidak menyentuh blog ini, dan gak nyangka sudah liburan semester lagi sajaaa...
Yap semester ENAM !! 

bentar lagi ketemu dosen pembimbing..
bentar lagi praktik lapang...
bentar lagi garap skripsi....
bentar lagi wisuda.....
bentar lagi nikah...... *eh (abaikanini!)

Langsung aja kali yaaa..

Beberapa hari yang lalu, tepatnya 18 - 28 Januari 2015 gua bersama kawan seangkatan melaksanakan fieldtrip. Kegiatan ini memang gak wajib tapi sudah menjadi program kerja rutin angkatan dimasa liburn semester peralihan dari lima ke enam. Kegiatan fieldtrip ini dilakukan di daerah sepanjang Jawa-Bali dengan mengangkat tema TEAM "Together Everyone Achieve More"


Sebelumnya, gua mau mengucapkan terima kasih terlebih dahulu kepada :
- Panitia Fieldtrip TINcredibles
- Teman-teman TINcredibles
- Departemen TIN IPB
- Tour and Travel NAVIGATOUR
- dan berbagai pihak lain yang terkait

...dan satu hal lagi, mungkin gua gak mungkin mempos foto-foto perjalanan fieldtrip ini dari dokumentasi pribadi, jadi gua minta izin kepada teman-teman semua untuk memakainya ofcourse disertai sumbernya.

DAY 1 [18 Januari 2015]
   Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu tiba, setelah melewati perjuangan dua minggu UAS dengan melalap tujuh minggu materi perkuliahan dalam satu malam yang mengakibatkan mata panda untuk kesekian kalinya -___- plisss jangan tiru cara ini! Total peserta fieldtrip sebanyak 95/109 orang dengan menggunakan dua bus dengan fasilitas selimut+bantal, coolbox, tempat ngecash hp, tiga televisi (<< ini pertanyaan temen gua sewaktu mau berangkat). Okee, kunjungan pertama yaitu ke Kampoeng Djamoe Organik Martha Tilaar di daerah Cikarang. Disini kita dibagi menjadi 30 orang tiap kloter dan diajak berjalan-jalan ke kebun tanaman jamu disertai penjelasan khasiatnya (Nb: free welcome drink). Selanjutnya, kami diperlihatkan tempat spa training centre yang membuka kelas untuk para wanita yang berminat memperdalam skill tersebut and ofcourse all free. How kind Mrs. Martha!. After all, kita dikumpulkan dalam aula untuk menerima penyambutan serta talkshow dari martha tilaar dan ketua komunitas jamu gendong. Oiya talkshow-nya ini beneran interaktif bangeet loooh! soalnya tiap penjelasan pembuatan berbagai jamunya kita dikasih tester buat nyobanya. Hemmm gimana gak kenyang + sehat tuh..
 
sumber ig @rismarsmln
sumber: ig @rzliaroza

DAY 2 [ 19 Januari 2015]
   Perjalanan hari kedua ditujukan kepada daerah JAWA TENGAH, yaa dua perusahaan tersebut adalah PT INDOFOOD di Tembalang (kloter pagi) dan PT DUA KELINCI di Pati (kloter siang). Pabrik PT Indofood yang kami kunjungi adalah divisi Mie Instan (*memorial: jaman sd gua pernah kunjungan ke pabrik sejenis tapi yang di daerah Kalideres). Disini kami diperlihatkan proses pembuatan mie instan, mulai dari pengadonan bahan, alkalisasi, perebusan, pencetakan, dan lain-lain (maaf engga nyatet .__.v). Setelah berkeliling, kami diajak pula melihat tempat pengolahan limbah dari pembuatan mie dan terakhir ke aula untuk penyambutan, penjelasan serta tanya jawab mengenai produk indofood khususnya mie instan. 
   Satu hal yang gua garis bawahi, produk mie ini tidak menggunakan pengawet sama sekali, tapi kenapa bisa tahan lama? karena produk ini menerapkan sistem pengeringan (dryer) sehingga kadar airnya dibuat serendah mungkin. Jadi boleh makan sesuka hati dong nih? yaa engga juga, ingat yang berlebihan itu tidak baik lagipula masih ada bumbu mie instan yang lumayan gurih.

Rekomen gua selama kunjungan disini, pertama mesti nyatet! kenapa? karena ada sesi tanya jawab, yang bisa jawab dapet bingkisan indomie, lumayan kan yaa. kedua jangan makan dulu, kenapa? karena disini disediakan mie sepuasnya, haha. ketiga jangan lupa jajan di warung sebelah mesjid. kenapa? jajanan berlabel indofood dijual dengan harga agak murah (ex: susu indomilk botol just 3k), ini seriusan loh yaaa..


sumber: ig @elva_nurshobah
sumber: ig @rismarsmln
datang 1 jam sebelum jadwal, foto ala-ala pake background bis indomie pun jadi






Next, setelah makan siang kita melanjutkan perjalanan ke pati tepatnya pabrik PT Dua Kelinci. Memasuki pabrik ini ada yang sangat berkesan yaitu disambut oleh maskot kebanggaan mereka, yaitu kelinci-kelinci berwarna-warni membawa kacang di sepanjang depan pabrik. Sebelum berkeliling pabrik, kami dikumpulkan dalam aula untuk kembali penyambutan dan mendapat hiburan dari dua kelinci utama yaitu kelinci berwarna Merah dan Putih. Di pabrik ini kami diperbolehkan secara langsung melihat proses produksi mulai dari penerimaan kacang hingga produk kemasan yang siap didistribusikan. Proses produksinya kurang lebih seperti ini: penerimaan barang - penimbangan - penyortiran - penimbangan kembali - pencucian - penyortiran grade - perebusan - pengeringan - pengemasan (kali ini gua nyatet, yes!). Beberapa hal yang gua bisa dapatkan selama berkunjung disini yaitu saat penyortiran grade, pekerja akan memisahkan kacang yang berlubang, rusak, berbiji satu dan tiga yang kemudian dengan conveyor akan melewati lubang ke penyortiran selanjutnya (awalnya gua gak tau kalo penyortiran tadi bakal tetep digunakan, jadi gua makan kacang-kacang sisa sortiran dan buang kulit kacangnya ke lubang tadi, hahapiss .__.v). Oiya disini juga ada pusat perbelanjaan produk PT dua kelinci ini loooh!! whose knows produk dua kelinci gak cuma kacang aja tapi ada biskuit DEKA, Krip-krip, dll

sumber: ig @rzliaroza
sumber: ig @rismarsmln

syuudah malaaam...
syuuudah mengantuk.. 

Next Part 2 yaaa! :)


0 komentar:

Posting Komentar