Minggu, 03 Desember 2017

Review Games : Ludo King vs Ludo (Parcheesi)


Assalamu'alaikum..

Memang benar roda kehidupan akan selalu berputar, trend jaman dahulu akan eksis kembali, seperti halnya jenis games board yang bakal gue bahas yaitu LUDO. Permainan dengan tujuan sederhana yaitu membuat 4 buah token memutari papan hingga garis akhir di bagian tengah papan, siapa yang berhasil sampai pertama dialah pemenangnya. So, kali ini gue akan bahas dua jenis games LUDO, yaitu Ludo King vs Ludo, walaupun intinya sama tetapi banyak rules yang berbeda. Check it out!

Wardrobe of Ludo King

Wardrobe of Ludo (Parcheesi)



Akses Games
Ludo King : games jenis ini tersedia di app store dan play store, jadi dapat didownload dan dimainkan dengan handphone androidmu.

Ludo : kalo games ini, setau gue, dapat diakses di website www.games.co.id atau playspace.com dari PC. Nb: gue pernah liat lawan main gue ada gambar handphone android di profilnya jadi mungkin bisa di download, tapi gue belum tau darimana. Sorry!


Option Games 
Ludo King : offline dan online (real-time) dengan 4 option, diantarnya offline with computers, local multiplayer, online multiplayer, dan play with friends masing masing option dapat dimainkan 2-4 players. Setelah itu, kalian dapat memilih color option dan besarnya bet coins, warna yang dapat dipilih hanya biru, merah, hijau, dan kuning. Anyway, jumlah bet yang ada disini ada 9 pilihan.

Ludo : hanya online (real-time) dengan option play games (bermain langsung dengan ketentuan random), create games (room play yang bisa diatur sendiri, baik jumlah player, tipe permainan 'private game, team game, atau turbo games' dan besarnya bet coins), see games (hampir sama kayak play games tapi kita masih bisa milih room play mana yang kita inginkan), dan the newest option is special event (team game with short track and 36.000 coins for once bet). Ohya, jumlah bet yang ada mulai dari 6000 coins dan kelipatannya sedangkan color option tidak bisa memilih saat bermain, kecuali kalo kalian sudah memiliki fitur tambahan.


Room Play
mungkin agar lebih mudah bisa cross check ke gambar di bawah ini dulu yaaa.


Ludo King room play
Ludo (Parcheesi) room play
Yap, kalo dilihat sekilas perbedaan yang ada antar lain jumlah dice, jumlah kolom/jalur yang dilewati, kolom chat, dan profil lawan. Let's check it out one by one!

A. Dice
Ludo King : just one dice! dimana token baru akan keluar dari kandangnya ketika dice menunjukkan angka 6, dan pemain diperbolehkan roll the dice again.

Ludo : there's two dices here! dan token akan keluar ketika dice menunjukkan angka 5. Pemain dipersilahkan roll the dice ketika kedua dice menunjukkan angka yang sama. Namun, jika kedua dice menunjukkan angka yang sama sebanyak 3x, dice yang terakhir dimainkan akan kembali ke kandang. So, be careful!
  
B. Track
The track of Ludo King is shorter than The track of Ludo! (48 against 68 steps without safe tracks)

C. Chat Coloumn
 You can be more creative on Ludo (Parcheesi), yeah! karena, kolom komentar di Ludo dapat dituliskan sebebas kita sedangkan di Ludo King sudah ada short message and emoticon yang bisa dipilih. But you know, It is more practical on Ludo King! 

D. Rival Profile
Kalo kalian yang pro pepatah "don't judge a book by the cover", gue saranin pilih Ludo King vice versa Ludo kalo kalian justru kontra. kenapa? karena Ludo King hanya menampilkan rival profile saat sudah di room play sedangkan Ludo menampilkan detail rival profile kita yaitu nama, level, dan persentase kemenangan lawan, jadi kita masih bisa lanjut atau tidak untuk main dengan mereka (10 seconds for thingking!). Nah kalo detail dari rival profile di Ludo King sendiri hanya nama, kebangsaan, dan jumlah menang dan kalah mereka, itupun dapat diganti kapanpun..haha

players scene of Ludo (Parcheesi)

User
Indonesian dan India people mendominasi di Ludo King sedangkan Spanish people mendominasi di Ludo (Parcheesi). Anyway, kamu hanya boleh menggunakan satu akun untuk bermain di Ludo (Parcheesi) sedangkan Ludo King, you will be free to change your detail account anytime. Nb: Spanish just talk in their language!

 
Additional Features
In my opinion, the greatest feautured is Ludo (Parcheesi)! There's so many additional coins from mini games, so you will never bored on waiting your turn. Vice versa, Ludo King has Ular Tangga as another option. Nb. Ludo (Parcheesi) terlalu banyak iklan bahkan banyak features yang dapat dibeli dengan uang asli.



Rules
Actually, there's many difference rules between that games. But, I will make it simple.
A. Starting Point
On Ludo King memulai permainan dengan keempat token yang berada di dalam kandang sedangkan Ludo (Parcheesi) memulai permainan dengan 1 token sudah berada di luar dan 3 token lainnya berada di kandang.

B. Level Assessment
Level Assessment dari Ludo King dilihat dari jumlah kalian bermain, jadi semakin banyak kalian bermain semakin tinggi level kalian, tidak penting menang ataupun kalah dalam permainan. Vice versa, Ludo (Parcheesi) dilihat dari jumlah blue stars yang kalian dapatkan, tiap level punya jumlah blue stars yang disyaratkan, dimana jika menang dalam permainan akan mendapatkan lebih banyak blue stars dibandingkan jika kalah bermain. Like Quantity and Quality, right?

C. Super Step
Maksud dari super step ini adalah langkah tambahan jika token kamu berhasil memakan token lawan atau token kamu masuk garis finish. On Ludo King, super step dilakukan dengan kesempatan roll the dice again sedangkan Ludo (Parcheesi) dilakukan dengan memberikan 10 steps atau bahkan lebih (actually, I don't know the number excatly)

D. Blocking Tracks
kalau rules ini hanya berlaku di Ludo (Parcheesi), jadi ketika ada 2 token milik kita atau 2 token beda milik (di safe point) berada dalam satu kolom track, token di belakangnya not allowance buat lewat. Nah kalo di Ludo King, sepertinya dice nya sudah diatur sedemikian rupa agar token tidak bisa berada dalam satu track di safe point.

E. The Winner
Ludo (Parcheesi) just has one winner no matter how many players is. Different with Ludo King, if you play on 2P, the winner just one ofcourse, but if you play on 4P the winner are 1st and 2nd.

Yaaaaaaaaah, finally cukup sekian gue review kedua games yang sama tapi beda (?)
Closing statement dari gue adalah "I think the Ludo (Parcheesi) is a Ludo King"


YOU MUST TRY IT BOTH !!
BYE :)

0 komentar:

Posting Komentar