Rabu, 24 Juni 2015

Take A Part of AET IPB crews :)

Assalamu'alaikum :)

Helloo guyys...
sedikit bagi info dulu nih sebelumnya, adakah yang tau apa itu AET IPB? trus ngapain aja di AET itu?

Nah jadi AET  itu singkatan dari Agro Edu Tourism yap yang berarti wisata pendidikan berbasis pertanian. Jadi AET itu sendiri berdiri di bawah naungan IPB tepatnya Direktorat Pengembangan Bisnis IPB yang lebih tepatnya lagi mengelola obyek-obyek yang pada umumnya merupakan hasil penelitan atau semacamnya untuk dijadikan obyek wisata yang bisa diketahui orang.

Nah terus ngapain gua ikutan disana?
jadi gini, karena obyek-obyek wisata tsb kan gak akan bisa ngenalin diri mereka sendiri kan kepada tamu-tamu yang datang, jadilah gua bantu ngenalin mereka gitu atau lebih kerennya bisa dibilang sebagai PEMANDU WISATA-nya :)

Yap, tanggal 5 Juni lalu gua mengikuti wawancara dengan sebelumnya ngumpulin berkas (formulir + essay) dahulu, dan malemnya sekitar pukul 23.57 diumumin deh siapa aja yang lolos. Ini diaa the new tour guide of AET IPB 2015 :

Lanjuuut..

Setelah pengumuman itu, kami semua diberikan pelatihan pada tanggal 8 & 13 JUNI 2015

8 Juni 2015
Sayangnya, pada tanggal ini gua gak bisa ikut karena ada dua kelas presentasi dari pagi hingga sore. Tapi setau gua pelatihan hari ini lebih ke arah kuliah umum, kayak apa itu AET dan apa-apa aja kegiatannya dan bla bla bla.. 
Tapi setau gua lagi semua yang dateng dapet souvenir dari AET kayak buku, name tag, dll deh T_T
dan lagi disini ada pembagian kelompok + pembagian tugas yang gua gatau dan baru tau beberapa hari kemudian, huuufffttt .__.
tapi thanks bangeet walaupun gua gatau dan gua gak bantu ngerjain, kelompok gua ini yang bernama BOLANG BELANG nerima gua apa adanya. Thank youu bangeet^^
Kelompok 5 Pelatihan AET IPB 2015
kak ainy - kak lisa - ika - satria - ayu - gua - kak mita

13 Juni 2015
Nah ini nih yang paling dan harusnya semua pemandu dateng karena secara langsung kita mengunjungi setiap obyek-obyek wisata dan penjelasannya serta diberi tahu tips and trick cara memandu. Tapi sebelum kunjungan, kami ditugaskan untuk tell about AET to people around IPB (distance: behind GWW until rektorat and time limit 45 minutes) sebanyaak mungkin. And this the photos:

Target 1
Bapak dan Ibu guru TK yang mau senam

Target 2


Anak SMA
Target 3
Kakak Birena
Target 4
Kakak Semester Akhir
Target 4
Kakak Semester Akhir










Next event, kita mulai deh melakukan perjalanan ke semua obyek wisatanya. Biar lebih singkatnya mungkin gua langsung aja bahas ada apa aja obyek wisatanya kali yaa. this is it:


1. Kawasan Faperta
di kawasan faperta ini menawarkan 3 macam obyek wisata yaitu :
a. Hydro gel
semacam media tanam (kalo biasanya kita pakai tanah atau air) dari penelitian dosen dan mahasiswa faperta dimana kita bisa menanam tanaman di dalamnya. Hydro gel ini bahkan mampu menampung 20-30 kali lipat air dari berat aslinya, dan uniknya warna dari hydro gel ini macam-macam gak kaya tanah yang umunya coklat aja..hehe
b. Musium serangga
berisi hampir 3000 lebih spesies serangga yang bahkan mulai dari tahun 1900-an dalam bentuk awetan tentunya yaaa. Disini juga akan diajarkan cara membuat awetan serangga itu looh!
c. Arboretum Lanskap
terdapat pohon yang pertama kali di tanam Soekarno di IPB looh dan juga disini diperlihatkan cara penataan letak dari taman-taman dengan basis tanaman. Pengunjung yang umumnya anak SD atau TK juga akan disuruh untuk menyusun penataan letak taman dengan miniatur yang telah disediakan.

2. Kawasan Fahutan
terdapat arboretum yang menampung berbagai jenis-jenis pohon atau istilahnya miniatur dari hutan.

3. F-TechnoPark
Hasil-hasil penelitian dari bagian pertanian hilir yaitu pengolahan hasil pertanian itu sendiri, seperti beras analog yang merupakan diversifikasi dari beras yang terbuat dari jagung dan umbi-umbian. Selain itu, terdapat pembuatan air mineral "bening", smart packaging, dan lain-lain..


4. Kawasan FPIK

Kawasan ini terdapat kolam fpik yaitu kolam mulai dari pembibitan ikan sampai pemanenan ikan tersebut.

5. Kawasan Fapet

Kawasan ini berhubungan dengan pertenakan sapi, ayam, domba sampai mencit mulai dari pembudidayaannya sampai pada pengolahan hasil daginya. Pengunjung dapat melihat perbedaan antara sapi pedaging dan sapi perah, pengambilan susunya atau bahkan pemotongan sapinya. Selain itu, kawasan ini menyediakan praktikum langsung pembuatan sosis dan bakso yang nantinya bisa langsung dimakan oleh pengunjung loooh!
Selain itu dikawasan ini juga akan diajak berkeliling kandang-kandang maupun unit-unit pemrosesan peternakan tersebut.

6. Pacuan kuda

Obyek ini memperlihatkan kuda-kuda yang dirawat oleh civitas akademika FKH serta arena pacuan kudanya.


7. Rumah Sakit Hewan

kalo ini salah satu rumah sakit hewan terbesar se-Asia Tenggara loh. Khusus hari Kamis, civitas rumah sakit siap membuka kunjungan looh.

8. Biofarmaka

Terdapat berbagai tanaman yang cocok untuk obat serta tempat pembenihan.

9. Kampung Cikabayan
Terdapat rumah-rumah kaca yang menanam berbagai tanaman hortikultura atau tanaman penelitian lainnya. Pengunjung juga akan diajarkan menanam dalam media poly bag

10. Penangkaran Rusa 

Pengunjung dapat melihat beberapa rusa yang dipelihara disini serta memberinya makan, tapi hati-hati juga yaa kadang suka ada yang galak. Selain itu di kawasan ini menyediakan paket outbound yang mana peserta akan merasakan hutan dan sungai di lingkungan IPB ini :)

11. Beberapa obyek lain yang mungkin tidak bisa saya sebutkan


so if you are interested in, you can call us !! :)


Setelah diajak berkunjung dan menikmati outbound dari kakak-kakaknya, kita melanjutkan perjalanan ke Wisma Amarilis untuk sholat dzuhur dan makan siang (ini nih!!). Acara selanjutnya adalah pemaparan materi "Recycle Paper" dari kak Ade. Kita diajarkan cara membuat dan praktikum langsung. And next event, setiap kelompok AET yang berjumlah 5 kelompok harus mempresentasikan promosi yang telah dilakukan tadi pagi di hadapan kelompok lain dan kakak-kakaknya.  Setiap kelompok punya media promosi sendiri, dan ini media promosi kelompok kami:

pemandu dan objek AET ala-ala pop up 
Omong-omong tentang media promosi, kelompok kami ternyata menjadi media promosi terbaik loooh! :)
Last event, EVALUASI KEGIATAN + PENGUMUMAN KELOMPOK TER- + PERESMIAN PEMANDU!! 

dan ini dia foto-fotonya :
setelah pemberian sertifikat pelatihan dan pin pemandu
Oke mungkin itu aja seputar AET IPB dan pelatihan pemandunya kemarin..
Harapannya gua bisa dapat banyak banget pengalaman di bidang pariwisata ini tapi sebelumnya yah gua harus coba ikut mandu kalo ada panggilan..hehe
Sekian, mohon doanya aja yaa!^^

0 komentar:

Posting Komentar