Minggu, 06 November 2016

Apa itu Agroindustri ?





Assalamu'alaikum..

Agroindustri apa itu?
saya sebagai seorang mahasiswa Teknologi Industri Pertanian a.k.a Agroindustrialist! acap kali ditanya tentang definisi atau pengertian dari istilah tersebut, yang kebanyakan datang dari dosen sendiri, dan jawabannya pasti selalu sama seperti yang didapatkan pada mata kuliah Pengantar Agroindustri semester dua. Tanpa pernah mencari tahu dan menelusur lebih jauh lagi tentang definisi tersebut, hanya menerima yang selalu diberikan. Apalah mahasiswi seperti saya ini. Mohon untuk tidak ditiru!

Namun, baru pada tingkat akhir ini saya baru benar-benar mengetahui dan mempelajari lebih jauh tentang apa itu agroindustri. Singkatnya, saat itu dosen bertanya kepada kami (lagi!) untuk kesekian kalinya dan di tingkat akhir ini, bertanya "Apa sih agroindustri itu?" tentunya saya dan teman-teman saya menjawab dengan lantang dan tegas jawaban yang sudah sering kami jawab. Namun, dosen tersebut kembali bertanya "Apakah teh botol termasuk agroindustri?" tentunya kami menjawab IYA. Lalu dosen bertanya kembali "Komponen utama dari teh botol memangnya apa? Air bukan" saat itu nampaknya kelas menjadi diam, saya sendiri sedang berpikir teh botol memang lebih banyak terdiri dari air, saya menjadi ragu apa benar pabrik teh botol termasuk agroindustri atau bukan, komponennya memang air dan apakah itu agroindustri? topik skripsi saya juga tentang air bersih. apa itu agroindustri? entahlah. hemmm.. 

Kemudian dosen tersebut akhirnya memberikan penjelasan bahwa bukan seberapa banyak komponen dalam produk tetapi apa yang menjadi faktor penentu dalam produk. Perbandingan lain lagi seperti mobil, banyak dari komponen mobil seperti ban dari karet, jok dari kulit yang memang berasal dari produk agroindustri lalu kenapa tidak dapat digolongkan dalam agroindustri? yah karena faktor penentunya adalah mesin.

Saya mulai tertegun, ternyata definisi agroindustri yang saya punya ini masih lah sangat dangkal. Untuk itu, saya recommended artikel dari dosen saya tersebut untuk dibaca oleh kamu..kamu.. yang ingin tahu agroindustri dan tentunya jika kamu seorang Agroindustrialist sejati!
   
This is the link :
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53417

0 komentar:

Posting Komentar